Friday, April 1, 2011

Bulan Jihad

Bulan Ramadhan adalah bulan jihad atau perjuangan melawan hawa nafsu. Jadi kita harapkan semua pihak bisa menggunakan Ramadhan ini untuk melaksanakan jihad (dalam pengertian luas) secara lebih intensif. Termasuk menjaga diri dari perbuatan-perbuatan maksiat dan dosa.

Para aktivis da’wah harus menggunakan Ramadhan ini untuk meningkatkan pembinaan ummat melalui berbagai cara. Di samping cara-cara yang sudah dilaksanakan seperti ceramah dan diskusi, juga da’wah lewat tulisan. Ini perlu ditingkatkan, melalui pendekatan sosial, seni, dan budaya.

Selama ini orang banyak mendistorsi nilai-nilai seni melalui pendekatan seni dan budaya, misalnya menyalibkan sendok dan garpu usai makan, upacara standing party, pakaian hitam-hitam ketika melayat orang meninggal, dan banyak perilaku non-Islam yang berpengaruh besar terhadap kaum Muslimin.

Benar apa yang diisyaratkan Nabi bahwa akan datang suatu masa dimana ummat Islam akan mengikuti Yahudi dan Nasrani. Bahkan ummat Islam akan berperilaku bejat seperti halnya Yahudi dan Nasrani, misalnya ada anak yang memperkosa ibunya. Ajaran dari musuh-musuh Islam semacam itu terus diintervensikan kepada ummat.

Saat-saat menjelang Ramadhan ini kita juga dihadapkan pada situasi sulit bagi ummat, salah satunya nasib saudara-saudara kita di Afghanistan. Kita tahu bahwa arah serangan AS sebenarnya tidak cuma Afghanistan, tapi Islam. Karena itu marilah kita rapatkan barisan. Ummat Islam harus siap-siap menghadapi kaum Islamofobia yang dipelopori AS, Inggris, dan sekutunya. Wujud solidaritas kita jangan cuma demonstrasi, tapi juga aksi riil semisal menggalang bantuan untuk pengungsi. Bantuan ini harus kita sampaikan secara langsung kepada saudara-saudara kita di Afghan, juga di Irak, Palestina, Sudan, Maluku, dan daerah-daerah kaum Muslimin yang terus ditindas.

Marilah, di Bulan Suci ini kita terus berdoa memohon kemenangan. Insya Allah doa di bulan Ramadhan akan dikabulkan oleh Allah Swt


Related Post



0 comments:

Post a Comment