Tuesday, April 26, 2011

SEDEKAH DI JALAN ALLAH


Suatu hari sepulang dari rumah Nabi , Ali bin Abi Thalib menengok rumahnya untuk menemui istrinya (Fatimah) yang sedang berdiri.Salman al-farisi ada didekatnya sedang mengurai bulu-bulu domba untuk dipintal Fatimah.

"Wahai wanita mulia,  apakah kamu punya makanan untuk suamimu ?" tanya Ali "Demi Allah aku tak punya sesuatu. Ini ada enam dirham dari Salman ketika aku memintal. Akan kubelikan makanan  untuk Hasan dan Husain."Biar aku saja yang beli. mana uang itu ?"

Fatimah lalu memberikan uang tersebut. Ali pergi kembali untuk membeli makanan.  Tiba-tiba seorang lelaki berkata,  " Siapa yang mau meminjamkan Tuhan yang Maha Pengasih dan selalu menepati janji  ?"

Kemudian Ali memberikan enam dirhamnya pada lelaki itu dan pulang ke rumah dengan tangan hampa. Fatimah mengetahui. lalu menangis.

"Wanita mulia, mengapa menangis ?"
"Wahai Ali, kamu pulang tanpa membawa sesuatu ?"
"Wanita mulia, aku telah meminjamkannya kepada Allah."
"Sungguh ! Aku mendukung itu."

Ali keluar ingin menemui Nabi. Tiba-tiba datanglah Badui kepadanya dengan seekor onta.

"Hai Abu Hasan !"  sapa si Badui.  "Belilah onta ini."
"Aku tak punya uang, "  kata Ali
"Bayar tempo saja. "
"Berapa?"
"Seratus dirham."
"Ya, kubeli."

Sebentar kemudian datang Badui lain.

"Hai Abu Hasan, apa onta ini kau jual ?"
"Ya"
"Berapa ?"
"Tiga ratus dirham."
"Ya, kubeli."

Badui itu melunasinya 300 dirham dan mengambil onta tersebut.
Ali pulang lagi.  Fatimah tersenyum melihat Ali.

"Apa ini wahai Abu Hasan ?"
"Wahai putri Rasul. kubeli onta dengan bayar tempo seharga 100 dirham.  kujual lagi 300 dirham, kontan."
"Aku setuju."

Kemudian Ali menemui Nabi Muhammad di Masjid. ketika masuk Masjid nabi tersenyum melihatnya.

"Hai Abu Hasan ! Kau yang bercerita atau aku yang bercerita ?"
"Anda saja yang bercerita, wahai Rasul ."
"Hai Abu hasan ! Tahukah kamu siapa badui yang menjual onta dan badui yang membeli onta tadi ?"
"Tidak. Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.:
"Berbahagialah kamu.  kamu telah meminjamkan enam dirham kepada Allah. Allah memberimu 300 dirham. Tiap satu dirham mendapat ganti 50 dirham.  Yang pertama datang kepadamu adalah Jibril. Yang terakhir adalah Mikail."


Related Post



0 comments:

Post a Comment